Ini dia Kiat Hindari Penipuan Pada Kartu Telkomsel

Makin seringnya kasus penipuan via telepon seluler dan SMS makin membuat Telkomsel peduli serta serius mengatasinya. Para customer Telkomsel diinginkan hati-hati serta berhati-hati kepada semua format pembohongan yang mengatasnamakan Telkomsel. Beragam jenis modus pembohongan yang sering kali timbul seperti meminta isu kode verifikasi atau OTP di aplikasi MyTelkomsel yang dikirimkan via SMS.

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengungkapkan, "Telkomsel serius menangani ramainya penipuan terhadap customer kami. Kami mengimbau kepada seluruh customer untuk selalu waspada kepada bermacam bentuk pembohongan. Telkomsel tak pernah minta data diri, kata sandi atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apa saja. Data diri, kata kunci atau kode hal yang demikian seharusnya selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank."

"Kalau customer merasa tak melakukan aktivitas yang diceritakan dalam SMS, pelanggan tak perlu merespons SMS hal yang demikian dan tidak memberitakan kode verifikasi hal yang demikian bila dipinta oleh pihak tidak diketahui. Dengan memberikan kata kunci atau kode verifikasi terhadap orang lain sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melaksanakan transaksi apa saja melalui aplikasi MyTelkomsel," ucap Denny.

Selain meminta password atau kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel, berikutnya modus penipuan bakal minta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi atas pembelian layanan Telkomsel yang terkirim melalui SMS.

Pelanggan yang merasa sudah login aplikasi MyTelkomsel di sebagian perangkat, bisa menjalankan logout otomatis dengan cukup menghubungi *323*20#. Customer akan mendapatkan notifikasi lewat SMS dan secara otomatis ter-logout atau keluar dari segala akses aplikasi MyTelkomsel.

Denny pun menambahkan dalam menyampaikan seluruh isu untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, maupun promosi berhadiah, Telkomsel senantiasa menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan di www.telkomsel.com.

Jika terjadi pembohongan, pelanggan bisa menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188. Cek pula beragam info perihal ditelpon 188 disini. Pelanggan pun dapat mengirimkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, menghubungi via chatting dengan pembantu virtual di LINE, Telegram, serta Facebook Messenger Telkomsel, e-mail cs@telkomsel.co.id, atau melalui facebook.com/telkomsel dan Twitter @telkomsel.